Arti telinga berdenging, makna, firasat serta alamat telinga berdenging menurut primbon, medis dan menurut islam

Penyebab Telinga Berdenging dan Cara Menanganinya Menurut Medis (Dokter THT)

Arti Telinga Berdenging - Pernahkah Anda mengalami telinga yang tiba-tiba berdinging atau berdengung? Apakah ini hal yang lumrah atau wajar dialami oleh seseorang? Atau kah ada gejala atau penyakit tertentu yang menyebabkan telinga seseorang secara mendadak mengalami dengungan atau dengingan? Tentu Anda ingin tahu penyebabnya bukan?

Ada yang mempercayai bahwa telinga atau kuping yang berdengung (berdenging) adalah sebuah tanda atau firasat bahwa ada yang salah dengan telinga kita, terlebih bila kita melihatnya dari sudut pandang ilmiah atau medis.

Arti Telinga Berdenging Menurut Medis (Dokter THT)
Dalam dunia kedokteran (medis) telinga berdenging bisa dialami oleh siapa saja, baik orang tua, remaja maupun oleh anak-anak, seperti yang diungkapkan oleh salah seorang Dokter Spesialis THT (telinga hidung dan tenggorokan) Rumah Sakit Urip Sumohardjo Bandar Lampung bernama Dr Hanggoro Sapto Sp THT. Beliau menjelaskan bahwa ada alasan tertentu (penyebab) yang membuat telinga seseorang menjadi berdenging.

Penyebab Telinga Berdenging dan Cara Menanganinya Menurut Medis (Dokter THT)
Illustrasi Gambar Wanita yang Mengalami Telinga Berdenging (berdengung)

Penyebab Telinga Berdenging Menurut Dokter
Ketika telinga seseorang mengalami dengungan atau berdenging bisa saja disebabkan karena hal-hal berikut ini:

1. Penyumbatan Pada Telinga Luar
Dr Hanggoro menyebutkan bahwa telinga berdenging bisa saja terjadi karena adanya kotoran yang menyumbat di telinga bagian luar, bisa saja karena kotoran telinga yang jarang dibersihkan, atau debu yang masuk tanpa disadari, kurangnya menjaga kebersihan telinga maupun karena sebab peradangan sehingga gelombang suara tidak bisa diterima dengan baik (masuk) oleh telinga.

2. Peradangan Telinga Bagian Tengah
Telinga bagian tengah (gendang telinga) yang mengalami peradangan juga dapat menjadi penyebab telinga berdenging. Terlebih bila peradangan tersebut menyebabkan kebocoran pada gendang telinga. Umumnya disebabkan karena seringnya mengalami flu atau pilek dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Syaraf Telinga Bagian Dalam yang Mengalami Kelelahan
Penyebab terakhir seseorang mengalami telinga berdengung atau berdening adalah adanya syaraf-syaraf serta sensor telinga bagian dalam yang mengalami kelelahan. Hal ini biasanya disebabkan karena terlalu sering menerima suara bising, contohnya kerja dibawah suara mesin yang bising, atau bisa juga karena terlalu sering mendengarkan musik menggunakan headset dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasi Telinga Berdenging Menurut Medis
Ada beberapa cara atau tips untuk menghidari dan menyembuhkan telinga yang tiba-tiba mengalami berdenging (berdengung).
Penyebab Telinga Berdenging dan Cara Menanganinya Menurut Medis (Dokter THT)
Illustrasi Gambar Dokter THT Sedang Membersihakan Telinga karena Berdenging (berdengung)

1. Pengobatan Telinga Berdenging Bagian Luar
Cara penanganan telinga berdenging yang disebabkan oleh kotoran yang menyumbat pada telinga luar sebenarnya cukup mudah, kita disarankan supaya rajin menjaga kebersihan telinga, misalkan dengan rutin membersihkan telinga bagian luar menggunakan cottonbud (bisa dilakukan sehabis mandi ketika telinga masih basah oleh air).

Namun bila kotoran sudah terlanjur menumpuk dan susah dibersihkan, maka tidak ada salahnya untuk segera menghubungi Dokter THT agak dilakukan tindakan medis. Biasanya dokter akan membersihkan telingga dengan menggunakan alat penyedot sehingga kotoran akan mudah dibersihkan.

2. Penanganan Telinga Berdenging Bagian Tengah
Biasanya peradangan telinga bagian tengah kerap terjadi bila seseorang mengalami flu atau pilek untuk jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu bila terkena flu atau pilek jangan diremehkan karena ini bisa menjadi penyebab telinga berdenging.

Jadi alangkah baiknya segera sembuhkan flu, atau pilek dan bila telinga berdenging masih sering terjadi meskipun sudah sembuh flu nya, segeralah konsultasikan dengan Dokter, untuk mendapatkan penanganan yang benar.

3. Mencegah dan Penanganan Telinga Berdenging Bagian Dalam
Syaraf-syaraf dan sensor telinga bagian dalam cukup peka dan bisa mengalami kelelahan, umumnya bagi yang bekerja atau melakukan aktifitas yang berhubungan suara bising menjadi pemicu syaraf-syaraf telinga bagian dalam mengalami kelelahan.

Cara pencegahannya adalah gunakan penutup telinga bila bekerja dalam suasana bising, bila kita sering menggunakan Headset saat mendengarkan musik, ada baiknya mulai mengguranginya. Pemakaian Handphone yang terlalu lama juga dapat memicu kelelahan syaraf dalam telinga jadi alangkah baiknya kita mulai menjaga telinga kita supaya tetap sehat.

Itulah Penyebab Telinga Berdenging dan Cara Menanganinya Menurut Medis (Dokter THT). Telinga adalah salah atau bagian tubuh yang sangat vital fungsinya maka sebaiknya kita jaga baik-baik supaya tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Telinga Berdenging dan Cara Menanganinya Menurut Medis (Dokter THT)